Seminar Akbar BP4 di Hotel Kartika Graha oleh STIMIK-STIE Asia Malang

Pembicara: Tanadi Santoso, MBA

THE ROAD AHEAD 

Ada 3 Stories yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut:
  1.   The Rise of Human
    (Kesuksesan Manusia) The Power of IMAGINATION
  2.     Marsmellow Experiment
    (Percobaan di Stanford) Delayed Gratification (Penundaan Kenikmatan)
  3.    Jeff Bezos
    (Pendiri Amazon.com)

     1.   Gifts and Choices(Pemberian dan Pilihan): 
1.      Pemberian contohnya:
·         Pandai
·         Cantik/ Tampan
·         Keluarga kaya
·         Family Network
·         Disukai banyak orang
2.      Pilihan contohnya:
·         Kerja keras
·         Melakukan lebih
·         Baik hati
·         Berdamai dengan musuh
·         Membantu klien

2. THE POWER of CHOICE (Kekuatan akan Pilihan)
1.      Nagatif
      -    Menunda Kerja
      -    Bermalasan
      -    Tidak Mau belajar
      -    Membolos dan Menjadi Egois
           2.      Positif
      -         Kerja keras
      -         Melakukan lebih
           -        Baik hati
      -        Berdamai dengan musuh
      -       Membantu sahabat

3. KOMPOSISI MENJADI HEBAT
·         TIME (Waktu)
·         ENERGY (Energi)
·         ATTENTION(Perhatian) 
4. Kesuksesan Perjalanan Hidup Kedepan:
1. Power of IMAGINATION ( Kekuatan IMAGINASI )
2.  Delayed Gratification( PENUNDAAN Kenikmatan )
3. Success is a CHOICE( Keberhasilan itu PILIHAN )



Pembicara : M.Arif Budiman
 
Genius Inside Us

·          Jenius Adalah: Orang gila yang dapat mempertanggung jawabkan kegilaannya.
Kreatif  Adalah: Melihat masalah sebagai peluang.
          Sebenarnya Jenius adalah gangguan otak. Orang jenius memiliki gangguan otak bernama LLI (Low Latent Inhibitation). Dimana penderita ini menerima segala informasi dengan cepat dari orang biasa, dan pola pikir yang tidak biasa, Senjata Orang ini adalah Imajinasi+Logika+pengetahuan. Bagaimana imajinasi memegang peran penuh dalam otaknya, dan informasi-informasi yang ada masuk kedalam otak bersamaan, bagaimana dengan IQ orang yang dibawah rata-rata, sedangkan orang yang memiliki IQ di atas rata-rata akan menjadi Jenius. Saya bisa asumsikan bahwa pola pikir Orang jenius tidak teratur kadang kacau tapi harmoni. Orang seperti ini memiliki otak yang kebih kecil dari 2 orang diatas, tapi kemampuan otaknya sangat luarbiasa. Salah satu tokoh Jenius kita adalah Einstein, selain itu juga Thomas Alva Edison. Keduanya sama-sama di Drop out karena kebodohan pertanyaan mereka. tapi karena pertanyaan bodoh mereka kita bisa hidup, Bahkan Teori Raltivitas adalah sebuah kegilaan, bagaimana seorang Einstein Bisa merumuskan energi setara dengan massa dikali kuadrat kecepatan cahaya.

Selain itu anda dapat lebih belajar dengan how to make a genius yaitu:

1 Keyakinan bahwa anda bisa.
      Jika anda mencoba melakukan sesuatu yang baru dan telah beberapa kali gagal, kemudian anda mengatakan "sepertinya saya memang tidak mampu," maka sebenarnya bukan karena anda tidak mampu, tetapi karena anda tidak percaya dengan kemampuan diri anda sendiri. Ketidakpercayaan terhadap kemampuan diri sendiri itulah yang kemudian direspon oleh otak dan menyesuaikan dengan kepercayaan itu. Ini berarti bahwa otak akan bekerja semakin baik jika anda mempunyai keyakinan terhadap kemampuan anda. Gagal itu pasti, tetapi kerja keras dan kemauan itu wajib. Percayalah dengan kemampuan anda agar otak juga merespon demikian.

2. Konsumsi makanan yang baik untuk perkembangan otak.
      Otak mempunyai makanan khusus yang harus anda cukupi, itu pun jika anda ingin mempunyai otak yang jenius. Pada dasarnya makan dalam porsi yang pas dan teratur akan membuat kinerja otak semakin tajam dan mampu meningkatkan kejeniusan otak anda. Jadi alangkah baiknya anda makan secukupnya dan dengan jadwal yang teratur. Yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai kandungan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak, omega 3 misalnya. Omega 3 mempunyai fungsi untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan ketajaman otak. Omega 3 adalah asam lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara mandiri, itu berarti bahwa anda harus mencari asam lemak omega 3 ini dari makanan tertentu. Ikan salmon mempunyai kandungan omega 3 yang tinggi, selain itu omega 3 juga terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, meskipun kandungannya tidak sebanyak yang ada di dalam ikan salmon.

3.Meditasi.
      Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan melatih konsentrasi manusia. Hal inilah yang menjadi dasar bagi anda untuk mencoba melakukan meditasi agar kemampuan otak anda menjadi lebih tajam dan meningkatkan konsentrasi. Otak yang terkonsentrasi dan tenang akan mampu bekerja lebih cepat dan akurat.

4.Belajar dengan tekun Bagaimanapun belajar adalah syarat utama untuk menjadi jenius.
      Belajar adalah aktivitas untuk memahami satu atau beberapa bidang ilmu dan meningkatkan potensi diri. Belajar sesuatu yang baru akan lebih baik bagi perkembangan otak anda, karena otak akan merekam sesuatu yang baru sehingga akan menambah luas wawasan anda. Semakin banyak pengetahuan seseoarang, maka akan semakin jenius orang tersebut. Jangan sampai anda malas belajar jika anda ingin menjadi jenius. 

Filosofo Besi dan Magnet J  adalah MAGNET dengan menyatukan pikiran, perkataan dan perbuatan.

0 komentar: